Belajar menulis di blog


Mencurahkan ide, gagasan, pendapat dan suasana perasaan hati lewat bahasa tulis di blog sudah lazim dan banyak dilakukan orang saat sekarang ini. Sayapun harus mulai belajar banyak untuk menulis di blog saya ini. Tentu masih banyak kekurangan dan kesalahan-kesalahan yang saya buat dalam proses belajar menulis ini. Namun setidaknya saya harus belajar dari kesalahan dan kekurangan itu untuk memperbaiki kegiatan menulis ini.

Minat untuk memiliki blog dan melengkapi dengan tulisan bagi kebanyakan orang tidak pernah surut dari tahun ke tahun. Banyak alasan orang kenapa ingin memiliki blog (pribadi) mulai dari sekedar berbagi informasi, menuangkan ide-ide, curhat melalui tulisan, mencari teman bahkan hingga mencari nafkah. Demikian pula saya, meskipun terasa terlambat tetapi ’better late than never’. Saya harus lebih banyak belajar untuk meningkatkan kompetensi membaca dan menulis ini.

Adalah Pramoedya Ananta Toer dengan bijak menulis “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, dia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian”

Untuk itu dengan tertatih-tatih saya harus memulai belajar menulis, untuk melatih otak agar dapat selalu berpikir dan berkreasi sekaligus mencurahkan ide-ide yang selama ini tersimpan kelu di kepala. Memang ide ini masih jauh dari sempurna, tetapi setidaknya dengan belajar menulis begini ada aktivitas literasi yang saya coba untuk dikembangkan, minimal saat saya berbicara dengan murid-murid di kelas saya berani untuk mengajak mereka untuk menulis juga. Karena saya juga sedang belajar menulis, kita belajar bersama-sama. Semoga bermanfaat. Selamat pagi.