Jenis-jenis komunikasi

Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak dapat lepas dari aktifitas berkomunikasi. Berkomunikasi merupakan hal lumrah jamak dilakukan antara pihak yang satu dengan pihak yang lain untuk menyampaikan ide, gagasan atau pendapat masing-masing. Ada berbagai macam dan cara berbeda untuk menyampaikan informasi tersebut. Misalnya, anda mungkin menggunakan komunikasi verbal saat berbagi presentasi dengan beberapa orang dalam sebuah forum. Atau mungkin anda menggunakan komunikasi tertulis saat melamar pekerjaan atau mengirim surat elektronik (e-mail) kepada orang lain.

Ada empat kategori utama cara atau gaya komunikasi termasuk verbal, nonverbal, tertulis dan visual:

1 . Lisan (verbal)

Komunikasi verbal adalah penggunaan bahasa untuk mentransfer informasi melalui berbicara atau bahasa isyarat. Ini adalah salah satu jenis yang paling umum, sering digunakan selama presentasi, konferensi video, panggilan telepon, rapat dan percakapan satu lawan satu. Komunikasi verbal penting karena sangat efisien.

Berikut beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk mengembangkan keterampilan komunikasi verbal antara lain :

2 . Nonverbal

Komunikasi nonverbal adalah penggunaan bahasa tubuh, gerak tubuh dan ekspresi wajah untuk menyampaikan informasi kepada orang lain. Ini dapat digunakan baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Misalnya, anda mungkin tersenyum secara tidak sengaja saat mendengar ide atau informasi yang menyenangkan atau menyenangkan.

Jika mereka menunjukkan bahasa tubuh yang “tertutup”, seperti lengan disilangkan atau bahu membungkuk, mereka mungkin merasa cemas, marah atau gugup. Jika mereka menunjukkan bahasa tubuh “terbuka” dengan kedua kaki di lantai dan lengan di samping atau di atas meja, mereka cenderung merasa positif dan terbuka terhadap informasi.

Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan :

3 . Tertulis

Komunikasi tertulis adalah tindakan menulis, mengetik atau mencetak simbol seperti huruf dan angka untuk menyampaikan informasi. Hal ini sangat membantu karena memberikan catatan informasi untuk referensi. Menulis biasanya digunakan untuk berbagi informasi melalui buku, pamflet, blog, surat, memo dan lainnya.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat anda ambil untuk mengembangkan keterampilan komunikasi tertulis anda:

4 . Visual

Komunikasi visual adalah tindakan menggunakan foto, seni, gambar, sketsa, bagan, dan grafik untuk menyampaikan informasi. Visual sering digunakan sebagai bantuan selama presentasi untuk memberikan konteks yang membantu di samping komunikasi tertulis dan / atau verbal. Karena orang memiliki gaya belajar yang berbeda, komunikasi visual mungkin lebih membantu bagi beberapa orang untuk mengonsumsi ide dan informasi.

Berikut beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk mengembangkan keterampilan komunikasi visual yaitu:

Untuk lebih meningkatkan ketrampilan berkomunikasi anda, tetapkan tujuan pribadi untuk menyelesaikan hal-hal yang ingin anda capai bertahap selangkah demi selangkah. Mungkin akan lebih bermanfaat untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan kolega, manajer, atau mentor terpercaya anda untuk mengidentifikasi area mana yang sebaiknya menjadi fokus pertama untuk dilakukan.